Senin, 05 Januari 2015

Sejarah Processor

Pada jaman dahulu kalau, tepatnya pada tahun 1904 sebelum processor di temukan, Sir Jhon Ambroses Fleming (1849-1945) ilmuan dari Inggris menemukan Tabung Dioda (Tabung Vacum) untuk pertama kali. Dalam elektronika, sebuah tabung vakum adalah sebuah alat yang biasanya digunakan untuk menguatkan sinyal. Dahulu digunakan di banyak alat-alat elektronik tapi kini tabung vakum hanya digunakan dalam aplikasi khusus. Untuk banyak tujuan, tabung vakum telah diganti oleh transistor yang murah dan jauh lebih kecil, baik sebagai alat terpisah maupun dalam sirkuit terpadu. Pada awal abad ke-21 muncul kembali kesukaan terhadap tabung vakum, kali ini dalam bentuk tabung mikro field-emitter.
http://gamerindo.net
Trioda merupakan hasil pengembangan Tabung Dioda oleh seorang ilmuwan Amerika yang bernama Dr. Lee De Forest pada tahun 1906. Yang kemudian terciptalah Tetroda dan Pentode. Akan tetapi penggunaan dari tabung hampa tersebut tergeser pada tahun 1960 setelah ditemukannya komponen semikonduktor.
 
Semikonduktor merupakan elemen dasar dari komponen elektronika seperti dioda, transistor dan sebuah IC (integrated circuit). Disebut semi atau setengah konduktor, karena bahan ini memang bukan konduktor murni. Bahan-bahan logam seperti tembaga, besi, timah disebut sebagai konduktor yang baik sebab logam memiliki susunan atom yang sedemikian rupa, sehingga elektronnya dapat bergerak bebas.
Pada tahun 1906, Pickard merancang suatu diode detector dari Kristal silicon yang disebut dengan nama Cat’s Wisker, dimana alat yang di buatnya ini terdiri atas suatu kawat yang disambungkan dengan Kristal Silicon; alat inilah yang dikenal sebagai dioada semikonduktor yang pertama. Dalam bidang industry penemuan komponen semikonduktor mengakibatkan banyak perubahan dalam kehidupan manusia.
Pada tahun 1947 Transistor pertama kali diciptakan di labolatorium Bell. Bell Laboratories (juga dikenal dengan nama Bell Labs dan sebelumnya dengan nama AT&T; Bell Laboratories dan Bell Telephone Laboratories) adalah bagian dari organisasi riset dan pengembangan dari Alcatel-Lucent dan sebelumnya dari United States Bell System. Bell Labs bermarkas di Murray Hill, Amerika Serikat, dan memiliki fasilitas riset dan pengembangan di berbagai tempat di dunia. Konsentrasi utama fasilitasnya adalah di utara New Jersey.
 
http://gamerindo.netTerakhir pada tahun 1965, Gordon Moore dari Fairchild Semiconductor dalam sebuah artikel majalah elektronik mengatakan bahwa chip semikonduktor berkembang dua kali lipat setiap dua tahun selama lebih dari tiga dekade.
 
Selanjutnya, pada tahun 1968, Gordon MooreRobert Noyce and Andy Grove menemukan Intel Corp. untuk menjalankan bisnis “INTegrated ELectronics” atau yang lebih kita kenal INTEL. Inilah awal mula berdirinya perusahaan processor yang telah banyak digunakan di seluruh dunia sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar